Saturday, July 2, 2011

MERAKIT SENDIRI ANTENA WAJAN BOLIC


MERAKIT SENDIRI ANTENA WAJAN BOLIC

 
 Pada postingan kali ini,saya akan sharing tentang pengalaman membuat dan menggunakan antena wajan bolic untuk mendongkrak koneksi internet. 
Ceritanya,berawal dari kejengkelan saya dengan signal internet di tempat tinggal saya. yang mana hanya ada satu roter saja,tetapi mesti harus di pakai 11-15 orang. Bayangkan aja,betapa lemotnya....
Apalagi,posisi kamar saya yang terletak paling ujung.( yach...,nasib hidup diperantauan..hehehehehe...) bahkan kadang-kadang sama sekali tidak ada signal.
Nah...,ketika jalan-jalan di rumahnya MBAH GOOGLE,saya menemukan solusi dari permasalahan saya. Yakni cara membuat antena Wajan bolic.
Dengan menggunakan peralatan dan perkakas seadanya,saya mulai membuat antena yang hampir mirip dengan tampilan parabola itu.
Bahan-bahan yang saya gunakan :
1. Sebuah wajan penggorengan
2. Pipa paralon diameter 3 Inches beserta 2 buahpenutupnya
3. Wifi Adaptor
4. Alumunium foil
5. plat L yang terbuat dari plastik
6. Baut dan tali plastik(cable tie)
7. Kabel UTP panjangnya sesuai kebutuhan
8. USB Repeater (kabel sambungan USB)

Pertama saya siapkan wajan dengan diameter 40.6cm,kebetulan aja di dapur ada.dan tidak dipakai,masih jling lagi...(hehehehe) Saran saya usahakan yang baru saja.demi kualitas signal.
Kemudian,saya siapkan juga pipa paralon diameter 3 inches,yang saya potong dengan ukuran 30.5cm beserta tutup nya. Dan saya lekatkan Alumunium foil di sekeliling pipa tersebut sepanjang 20 cm.
Setelah wajan saya lubang tengahnya, lalu saya baut menjadi satu dengan salah satu tutup pipa.
Sementara itu, pipa paralon yang sudah saya lilitkan alumunium foil tadi,saya lubangi pada posisi 5,2 cm dari ujung yang ada lilitannya untuk menempatkan wifi adaptor.untuk menempatkannya pada paralon,agar tidak mudah bergerak,saya gunakan plat L yang terbuat dari bahan plastik dan mengikatkannya,lalu saya baut menjadi satu dengan pipa paralon.Kemudian, pada tutup pipa yang satunya lagi saya lilitkan juga alumunium foil sebelum saya tutupkan. Baru setelahnya,paralon yang sudah siap itu saya pasang pada tutup pipa yang sudah saya baut menjadi satu dengan wajan tadi.
Setelah itu saya potong USB Repeater menjadi 2, dan saya sambung dengan kabel UTP untuk memperpanjang. ( Untuk ukuran panjangnya,saran saya pakai secukupnya saja,jangan terlalu panjang. Karena kalau terlalu panjang,akan terlalu memakan tenaga.sehingga power supply tidak mencukupi untuk sampai ke wifi adaptor, dan akan berakibat koneksi yang sering putus.bahkan kadang hilang sama sekali.Itu yang saya alami beberapa waktu lalu,ketika pertama kali menggunakan antena wajan ini. yang mana saya menyambung dengan kabel UTP sepanjang 10 Meter. Padahal sebenarnya saya hanya butuh 6.5 meter saja.) Dan segera saya pasang pada tiang pipa bekas antena tv. disebelah kamar saya.

Jadi deh.., Daaaan....antena wajan bolic sederhana saya siap mengudara..
Signal wireless yang biasanya sama sekali tidak ada, setelah saya menggunakan antena wajan bolic bisa menjadi full(5 bar). Sementara internet Connection dari rotter di sekeliling tempat tinggal saya  yang biasanya hanya muncul 3 buah, Kini bisa nampak 15 buah.
Kini teratasi sudah permasalahan saya, bahkan saya bisa menggunakan koneksi internet  akses point dari tempat kerja saya yang jaraknya kurang lebih 500Meter.

Nah..., itulah pengalaman saya dalam membuat dan menggunakan Antena yang terbuat dari wajan penggorengan.
Saya yakin banyak yang sudah mengetahui,karena ini memang bukan hal baru lagi.
Namun bagi anda yang masih belum mencoba, apa salahnya kalau di coba...,itung-itung eksperiment.

Dan untuk tutorial lengkapnya anda bisa download 

SELAMAT MENCOBA


No comments:

Post a Comment